Sabtu, 11 Februari 2012

Tokoh Sains dan Teknologi Terkemuka

1.       Albert Einstein
Albert Einstein mengemukakan teori relativitas dan menjadi inspirator bagi pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistic, dan kosmologi

2.       Archimedes
Archimedes termasuk salah satu ilmuwan metematika terbesar sepanjang sejarah. Selain itu ia juga sebagai ahli fisika, astronom, dan ahli filsafat. Ia adalah seorang ilmuan yang mendasaarkan penemuannya pada hasil eksperimen, sehingga ia dijuluki sebagai Bapak IPA Eksperimental.

3.       Al-Biruni
Al-Biruni merupakan salah satu ilmuwan ensiklopedia yang telah memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan ilmu matematika, astronomi, fisika, filsafat, sejarah, serta ilmu kedokteran

4.       Blaise Pascal
pascal berhasil menemukan teorema geometri, yang baginya merupakan sesuatu yang sangat menakjubkan. Sehingga, ia menyebut teorema tersebut sebagai hexagram ajaib.

5.       James Watt
ketertarikan James Watt terhadap mesin uap terjadi pada tahun 1764, yang berawal ketika ia sedang memperbaiki mesin ciptaan Newcomen. Sehingga, terciptalah mesin uap yang praktis dan lebih efisien.

6.       James Prescott Joule
 James Prescott Joule adalah ilmuwan fisika asal Inggris yang telah merumuskan hokum kekekalan energi. Menurutnya energi tidak dapat diciptakan ataupun dimusnahkan.

7.       Thomas Alva Edison
Thomas Alva Edison mendapat hak paten pertamanya untuk alat electric vote recorder. Beberapa penemuannya yang lain adalah pengembangan stock ticker, perekam suara elektronik, serta pengembangan bola lampu pijar.

8.       Michael Faraday
Michael Faraday berhasil menemukan alat yang akhirnya menjadi pembakaran Bunsen, yang banyak digunakan hampir diseluruh laboratorium sains sebagai sumber panas yang praktis, serta member sumbangan yang besar dibidang kimia.

9.       Frederick Soddy
 Frederick Soddy bekerja sama dengan professor Sir Ernest Rutherford, dan melakukan serangkaian eksperimen mengenai permasalahan radioaktif. Mereka mempublikasikan serangkaian paper tentang radioaktivitas.

10.   Wright Bersaudara
pada tahun 1899, Wilbur Wright dan Orville Wright mulai menciptakan dan mendesain pesawat terbang. Kemudaian, mereka membuat mesin motor ringan, yang dipasang di pesawatnya.

11.   Ibnu Ismail al-Jazari
pada tahun 1206, Al-Jazari menciptakan “jam gajah” yang bekerja dengan sistem tenaga air dan berat benda untuk menggerakan secara otomatis sistem mekanis.

12.   Luther George Simjian
Luther George Simjian mengembangkan mesin X-ray warna dan self-posing portrait camera, yang memungkinkan subjek dapat melihat ke dalam cermin, dan gambar yang tepat pun bisa diambil.
.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar