Sabtu, 18 Februari 2012

Pembuat google


Larry Page termasuk salah satu pendiri situs search engine yang paling populer di dunia, yaitu Google.com. ia lahir di East Lansing, Michigan, USA, pada Maret 1973. Ayahnya bernama Carl Vincent Page, seorang professor dibidang ilmu computer, sedangkan ibunya, Gloria Page, adalah seorang guru pemprogram komputer di Universitas Michigan.

Bakat Larry Page memang diwarisi kedua orang tuanya. Sejak berusia 6 tahun, ia sudah mulai belajar dan mengutak atik komputer. Di sekolahnya, ia menjadi murid pertama yang mengumpulkan tugas dalam bentuk data words (program pengetikan Microsoft).

Larry Page melanjutkan sekolahnya di East Lansing High School, dan ia lulus pada tahun 1991. Ia melanjutkan kuliahnya di University of Michigan, kemudian lulus dengan gelar Bachelor of Science. Lalu, ia kembali kuliah di Stanford University, dan mengambil jurusan programmer master di sana. Di universitas inilah, ia bertemu dengan Sergey Brin, yang kemudian menjadi partner dalam
mengembangkan Google. Mereka tertarik untuk menciptakan sebuah situs pancari informasi dari “kumpulan data besar”. Selanjutnya, mereka menulis sebuah makalah yang berjudul “The Anathomy of a Large-Scale Hypertextual Web Search Engine”. Makalah ini adalah makalah yang paling banyak di akses di Stanvord University.

Selanjutnya, Larry Page dan Sergey Brin membangun sebuah proyek, yang akhirnya menjadi situs pencari informasi (Search Engine) Google. Pada tahun 1998, Google Inc. secara resmi dibuka, yang terletak  di daerah Menlo Park, California. Perusahaan tersebut mengalami peningkatan pesat dalam waktu singkat.

Dengan banyaknya jumlah karyawan yang terus meningkat , perusahaan tersebut direlokasi beberapa kali, hingga akhirnya Google Inc. secara resmi menetap di daerah Mountain View, California, sampai saat ini.

Pada tahun 2005, dari laporan majalah Forbes, kekayaan Google Sergey Brin sebagai orang terkaya dunia urutan ke-27.

Larry Page dikenal sebagai orang yang dermawan dan sering kali melakukan kegiatan amal. Pada tahun 2002, ia tercatat sebagai anggota Forum Ekonomi Dunia Global Leader  for Tomorrow. Selain itu, ia juga menjadi anggota National Advisory Communite (NAC) untuk University of Michigan, jurusan Engineering. Dan, pada tahun yang sama, ia bersama Sergey Brin mendapatkan penghargaan Marconi Prize, sebuah penghargaan bagi orang yang berjasa di bidang komunikasi.

1 komentar: