Sabtu, 18 Februari 2012

Pembuat facebook

Mark Elliot Zuckerberg lahir pada 14 Mei 1984, di kawasan Dobbs Ferry, Westchester Country, kota New York, AS. Ia adalah anak dari pasangan Edward dan Karen Zuckerberg. Ia sebagai anak ke-2 dari 4 bersaudara. Ayahnya ialah seorang dokter gigi, sedangkan ibunya adalah seorang psikiater.


Mark Elliot Zuckerberg adalah seorang eksekutif muda Amerika yang telah mendirikan co-situs jaringan social yang sangat populer, yakni Facebook. Ia mendirikan Facebook bersama beberapa rekannya saat ia sedang kuliah di Universitas Harvard.

Sejak kecil, Mark Elliot Zuckerberg sudah mengenal dan suka mengutak atik komputer. Ketika berusia 8 tahun, ia dibelikan komputer oleh orang tuanya. Ia bereksperimen terhadap berbagai program komputer dan belajar membuatnya.

Saat sekolah menengah Philips Exeter Academy,ia bersama rekannya D’Angelo, membuat plug-in untuk MP3 PlayerWinamp. Ia mengirimkan program tersebut ke beberapa perusahaan, termasuk ke AOL (American Online) dan Microsoft. Pada tahun terakhirnya di Phillips Exeter Academy, Mark Elliot Zuckerberg direktur oleh Microsoft dan AOL untuk suatu proyek.

Mark Elliot Zuckerberg melanjutkan kuliah tingginya di Universitas Harvard. Di universitas inilah, Facebook berhasil diciptakan. Hal tersebut berawal ketika universitasnya tidak membagikan facebook (buku mahasiswa yang memuat foto dan identitas mahasiswa di universitas itu). Selanjutnya, Mark Elliot Zuckerberg menemukan ide membuat buku direktori mahasiswa online untuk mahasiswa baru sebagai ajang pertemanan di antara mereka. Namun, ide tersebut ditolak oleh pihak Universitas Harvard.

Lantaran penolakan itu, Mark Elliot Zuckerberg bertekad membuatnya sendiri. Kemudian, ia membuat proyek pertamanya, yaitu Course Match (www.coursematch.com), yang memungkinkan bagi teman-teman sekelasnya untuk berkomunikasi satu sama lain di website tersebut. Selanjutnya, ia membuat website yang bernama facemash.

Pada Februari 2004, Mark Elliot Zuckerberg meluncurkan website baru dengan nama facebook (www.thefacebook.com). Website ini merupakan penyempurnaan dari facemash. Website tersebut tetap dijadikan sebagai tempat pertemuan bagi sesame mahasiswa di Universitas Harvard. Ia pun meluncurkan facebook dari kamar asrama Universitas Harvard pada 4 Februari 2004.

Beberapa lama kemudian, Mark Elliot Zuckerberg pindah ke Palo Alto, California, bersama beberapa temannya. Pada musim panas 2004, mereka menyewa sebuah rumah kecil yang menjadi kantor pertama mereka. Pada 5 September 2006, Facebook meluncurkan News Feed, sebuah produk untuk menunjukan segala sesuatu yang dilakukan orang-orang di situs.

Karena banyaknya kritik terhadap produk tersebut, pada 24 Mei 2007, Mark Elliot Zuckerberg merilis Facebook Platform, yakni sebuah produk untuk membuat platform pengembangan bagi para pemprogram untuk membuat aplikasi social dalam Facbook.

Pada 23 Juli 2008, Mark Elliot Zuckerberg mengumumkan Facebook Connect, yaitu sebuah versi dari Facebook Platform bagi pengguna Facebook Beacon. Hingga saat ini, sudah juataan orang yang tercatat sebagai pengguna Facebook.

Pada awal tahun 2009, Mark Elliot Zuckerberg mandapat panghargaan Young Global Leaders. Saat ini, ia berusia 24 tahun. Namun, ia telah memiliki pendapatan hingga 1,5 miliar dolar AS. Selain itu, ia berada dalam jajaran 400 orang terkaya di Amerika versi Forbes, dan dinobatkan sebagai orang kaya yang paling muda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar